Tips Membuat Dapur Mungil Terlihat Lebih Luas

Semua orang, terutama yang gemar memasak, pasti menginginkan dapur yang luas. Namun, kenyataannya belum tentu selalu seperti itu. Banyak pula dapur mungil ditemui di berbagai rumah ataupun apartemen. Meski begitu, tidak perlu khawatir karena dapaur mungil pun bisa terlihat dan terasa lebih luas. Tips membuat dapur mungil terlihat lebih luas ini memang tidak akan sepenuhnya membuat dapur menjadi lebih besar. Namun, melalui cara ini setidaknya dapur di rumah dapat lebih lapang dan nyaman.

Cat dapur dengan warna terang

Untuk menghindari kesan sempit dan kecil, jangan mengecat dapur dengan warna-warna gelap. Sebaliknya, pilih warna-warna terang, seperti putih atau biru untuk menciptakan kesan luas dan lapang. Warna tersebut sebaiknya juga diterapkan pada keseluruhan bagian dapur, seperti dinding, warna kabinet, atau backsplash. Usahakan untuk menciptakan sedikit saja kontras pada tampilan dapur.

Mengubah desain dan warna kabinet di dapur


Kabinet juga sebaiknya tidak berwarna gelap. Akan lebih baik lagi bila menyamakan warna kabinet dengan warna dinding. Kabinet juga bisa didesain dengan konsep open storage untuk menciptakan kesan lapang. Bila tidak, pilih atau ganti pintu kabinet dengan kaca. Kaca bisa memperlihatkan isi kabinet dan sekaligus memberi kesan area dapur yang lebih besar.


Mengarahkan pandangan mata ke bagian atas dapur

Membuat plafon dapur lebih tinggi juga dapat menjadi cara untuk menciptakan kesan luas di dapur. Kesan tersebut bisa didapatkan dengan mengarahkan pandangan mata ke sisi plafon dapur. Caranya, dapat memilih atau menerapkan pola garis vertikal di dinding atau menempatkan benda di bagian atas kabinet.

Memastikan dapur mendapat cahaya

Cahaya, entah itu cahaya alami dan penerangan dari lampu, dapat membuat dapur mungil terlihat lebih luas. Cahaya tersebut juga bisa menghilangkan kesan pengap atau sumpek di dapur. Karena itu, uhasakan ada jendela di dapur agar sinar matahari bisa masuk saat siang hari. Bila tidak ada jendela, skylight juga bisa dijadikan pilihan. Sementara untuk malam hari, selain general lighting, dapur dapat dilengkapi dengan task lighting atau ambient lighting.

Memilih furnitur dengan desain slim

Furnitur di dapur mungil barangkali tidak akan banyak, tetapi bila ingin menambahkan furnitur, sebaiknya pilih furnitur dengan desain simple dan slim. Pilihlah meja island yang kecil dengan kursi ramping. Furnitur dengan desain seperti itu masih memungkinkan orang untuk bisa melihat lantai atau dinding sehingga dapur tidak terasa terlalu sempit.

Selalu bersihkan dan rapikan dapur

Dapur mungil bisa terasa semakin sempit bila bagian-bagiannya dipenuhi oleh berbagai barang yang tidak diperlukan. Selain itu, barang-barang tersebut bia menimbulkan kesan berantakan. Karena itu, usahakan untuk selalu membersihkan dan merapikan dapur dari segala sampah makanan atau barang yang tidak digunakan. 

Itu tadi beberapa tips membuat dapur mungil terlihat lebih luas. Mudah bukan? Anda bisa mencoba mempraktekkannya. 

Comments

Popular posts from this blog

Fakta-fakta Dibalik Teko Listrik yang Perlu Diketahui

Memilih Kompor Gas Tanam yang Bagus dan Berkualitas

Trik Praktis Membersihkan Beragam Peralatan Dapur