Cara Mudah Membersihkan Wajan Belakang yang Gosong

Bagian belakang wajan yang gosong karena bersinggungan dengan api sudah lumrah kita temukan. Jika zaman dahulu orang-orang banyak memasak dengan menggunakan kayu bakar, saat ini sudah sangat jarang kita menemukan cara seperti itu sehingga pantat wajan tidak terlalu hitam. Namun bukan berarti tidak ada, beberapa orang masih bertahan memasak menggunakan kayu bakar dan ada juga yang memanfaatkan arang.



Baik mereka yang memasak menggunakan kompor gas, atau menggunakan kayu bakar, sudah pasti masalah pantat panci yang gosong harus segera ditangani jika ingin melihat perabotan yang ada di dapur tampak lebih terawat, bersih, dan terlihat lebih menyenangkan. Berikut ini merupakan cara membersihkan wajan belakang yang gosong.

Memanfaatkan soda

Jika kamu memiliki soda (air soda), kamu tidak perlu menambahkannya air, namun langsung saja menggunakannya untuk mengurangi kerak pada bagian pantat wajan. Semprotkan air soda tersebut kemudian diamkan selama satu atau dua jam untuk membrikan kesempatan pada soda untuk bereaksi mempermudah pengelupasan kerak pada pantat wajan tersebut. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air mengalir sambil digosok-gosokkan menggunakan wol baja.

Memanfaatkan cairan pencuci piring

Terlebih dahulu siapkan air panas kemudian tambahkan cairan pencuci piring. Tempatkan air panas tersebut di sebuah wadah yang cukup lebar yang dapat menampung pantat wajan. Setelah itu rendam pantat wajan selama kurang lebih setengah jam, setelah itu kami melanjutkan dengan menggosok-gosokkan pantat wajan tersebut menggunakan spons abrasif. Kemudian itu bilas seperti biasa dengan menggunakan air mengalir.

Membersihkan kerak dengan baking soda

Bagi kamu yang masih memasak dengan menggunakan kompor model lama yang masih memanfaatkan minyak tanah atau minyak gas, atau bagi kamu yang masih memasak menggunakan kayu bakar, pantat wajanmu pasti gosong dan untuk membersihkannya, kamu bisa memanfaatkan baking soda yang dicampurkan dengan sedikit air.

Aduk campuran baking soda dan air tersebut hingga mengental menjadi pasta lalu gunakan untuk membersihkan kerak pada pantat wajan dengan menggunakan wol baja abrasif. Untuk melihat hasilnya langsung, kamu bisa menggosok-gosokkannya sambil sesekali diberikan air mengalir.

Memanfaatkan cuka putih

Bahan lain yang sering digunakan untuk membersihkan peralatan dapur yang kosong adalah dengan memanfaatkan cuka putih. Juga memiliki sifat yang kurang lebih sama dengan air lemon dan dapat menghilangkan kotoran atau gosong pada peralatan memasak. Gunakan saja cuka tersebut tanpa campuran air untuk mengangkat noda-noda paling membandel. Caranya, semprotkan cuka ke bagian yang gosong lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam sebelum digosok menggunakan spons abrasif atau wol baja.

Memanfaatkan minyak sayur

Cara lain yang juga tidak kalah efektifnya untuk membersihkan bagian gosong pada pantat wajan adalah dengan menggunakan minyak goreng atau minyak sayur yang kamu punya. Terlebih dahulu kamu bisa memanaskan minyak tersebut menggunakan wajan yang ukurannya kurang lebih sama atau lebih besar sedikit kemudian tempatkan saja wajan yang gosong di bagian atasnya selama kurang lebih 15 menit lalu diangkat dan dibersihkan sambil digosok-gosok. Setelah itu, cuci dengan sabun hingga bersih dan bilas lalu keringkan.

Memanfaatkan jeruk nipis

Jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda gosong pada wajan dengan cara, Persiapkan terlebih dahulu baskom berukuran besar yang kira-kira bisa menampung wajan yang gosong. Setelah itu siapkan juga air jeruk nipis. Kamu juga bisa merebus air sebanyak 1 panci hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan air tersebut ke dalam baskom dan masukkan juga air perasan jeruk nipis, lalu tambahkan sabun pencuci piring.

Rendam wajan yang gosong tersebut selama satu malam. Pada keesokan paginya, kamu bisa membersihkan wajan tersebut terutama di bagian yang gosong dengan menggunakan spons abrasive. Setelah itu bilas kembali dengan menggunakan air panas. Akhiri sesi mencuci dengan membilas menggunakan air dingin sebelum dikeringkan. Apabila noda masih membandel, kamu bisa mengulangi langkah tersebut. Tambahkan lebih banyak air jeruk nipis untuk memberikan efek yang lebih kuat.

Berbagai cara membersihkan belakang wajan tersebut sebenarnya bisa kamu hindari apabila kamu tidak memasak dengan menggunakan kompor yang apinya terlalu besar, atau jika kamu memasak tidak menggunakan arang dan kayu bakar.

Jika kamu menemukan noda gosong pada pantat wajan, segera terapkan langkah-langkah membersihkan noda gosong seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk menghindari agar noda tersebut tidak menempel secara permanen sehingga sulit untuk dibersihkan.


Comments

Popular posts from this blog

Fakta-fakta Dibalik Teko Listrik yang Perlu Diketahui

Memilih Kompor Gas Tanam yang Bagus dan Berkualitas

Trik Praktis Membersihkan Beragam Peralatan Dapur