Tips Memilih Magic Com yang Bagus dan Berkualitas

Masyarakat Indonesia sering kali menyebut magic com sebagai rice cooker karena bentuknya yang mirip dan rice cooker lebih dahulu muncul di Indonesia. Buat yang masih bingung, ini dia perbedaan antara magic com, magic jar, dan rice cooker.

Rice cooker itu hanya memiliki fungsi menanak nasi tanpa menghangatkan. Magic jar itu hanya memiliki fungsi menghangatkan tanpa bisa menanak. Magic com memiliki fungsi untuk menanak sekaligus menghangatkan nasi, ditambah lagi masih banyak sekali fitur yang diberikan oleh magic com seperti mengukus kue, membuat bubur.



Sekarang jarang sekali kita temui rice cooker dan magic jar, kebanyakan toko elektronik juga menyarankan magic com yang memiliki fungsi gabungan keduanya. Kita harus cermat saat memilih magic com untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Sebuah magic com harus bekerja untuk menanak sekaligus menjaga kehangatan nasi tidak hanya satu atau dua hari saja, alat ini harus dapat digunakan dalam hitungan tahun karena inilah kita perlu perhatikan berbagai aspek sebelum membeli. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membeli magic jar.

Memilih yang sesuai kebutuhan

Di pasaran dijual magic com dengan berbagai kapasitas nasi mulai dari ukuran kecil, sedang, besar bahkan ada yang super jumbo. Kalau cuma untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari ukuran sedang sudah lebih dari cukup. Sedangkan untuk pemilik restoran pastinya harus yang besar, beberapa pemilik restoran bahkan memilih rice cooker dengan bahan bakar gas yang lebih hemat listrik dan berkapasitas besar.

Sebelumnya perkirakan berapa kebutuhan nasi keluarga anda dalam sehari, lihat gaya makan dari tiap anggota keluarga dan total yang dibutuhkan dalam sehari. Jika anda keluarga baru pertimbangkan juga kebutuhan nanti setelah punya anak. Sebagai gambaran biasanya 1 orang dewasa itu butuh sekitar 150-200 gram sekali makan, sehari bisa 500 gram. Untuk keluarga kecil (bapak ibu dan 2 anak) belilah magic com dengan kapasitas sekitar 1,8 atau 2 liter. Sebaiknya Anda memasak nasi di pagi hari dan nasi sudah habis setelah makan malam. Dengan begini di malam hari magic com bisa beristirahat, tujuannya tentu untuk menghemat listrik dan efek jangka panjang lebih awet tahan lama.

Memilih fitur yang sesuai kebutuhan

Berbagai fitur ditawarkan oleh produsen magic com demi menjaring lebih banyak pembeli, seperti: Magic Com 3in1 (Menanak, menghangatkan, dan mengukus) dan Magic Com 4in1 (Menanak, menghangatkan, mengukus, dan membuat bubur). Dewasa ini masih banyak lagi fitur seperti steam tray, slow cook, quick cook, keep warm, delay timer logic smart, dan pembuka sekali klik.
Pastinya kalau untuk keperluan rumah sehari-hari cuma butuh fungsi menanak dan menghangatkan saja. Pilihlah yang fungsi standar saja, makin banyak fitur juga berpengaruh ke harga loo! Memilih magic com harus dilakukan dengan bijak.

Mempertimbangkan harga

Harga sebuah magic com itu mulai dari 150 ribu sampai 3 jutaan rupiah, harga tergantung kapasitas, fitur yang diberikan dan yang paling menentukan adalah merk magic com. Sebagai pertimbangan harga rata-rata dari magic com untuk kebutuhan rumah tangga adalah 150 - 350 ribu rupiah.

Mempertimbangkan merek

Kualitas tiap merek magic com itu sebenarnya kurang lebih sama, beda beda tipis. Faktor utama yang menentukan awet tidaknya sebuah Magic Com bukanlah merek melainkan cara penggunaan dan perawatan. Meskipun demikian, lebih baik membeli magic com dengan merek terkenal yang pernah anda dengar dari kerabat ataupun iklan di media. Saat ini banyak sekali merek kurang dikenal beredar di Indonesia, menawarkan harga murah tapi memiliki fitur mengiurkan. Kebanyakan merek tersebut abal-abal gampang sekali bermasalah.

Kesalahan kebanyakan orang adalah mencuci beras langsung di panci magic com, proses ini dapat mengikis lapisan anti lengket. Lebih baik kita mencuci beras di panci biasa baru setelah bersih kita masukkan ke panci magic com.

Itu tadi beberapa tips memilih magic com berkualitas yang bisa dilakukan. Selamat memilih!


Comments

  1. Kebetulan sekali, saya sedang mencari referensi tambahan untuk memilih Rice cooker yang paling bagus, dan sekalian untuk tambahan dapat dilihat pada:
    Rice cooker yang bagus

    Terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fakta-fakta Dibalik Teko Listrik yang Perlu Diketahui

Memilih Kompor Gas Tanam yang Bagus dan Berkualitas

Trik Praktis Membersihkan Beragam Peralatan Dapur