Ini Cara Menghilangkan Bau yang Ada Pada Wadah Plastik Lama dan Baru

Saat ini harus diakui bahwa plastic menjadi salah satu produk yang paling digemari oleh masyarakat. Bahkan menurut data dari Kemenperin.go.id, konsumsi plastik yang ada di Indonesia diperkirakan telah mencapai 1,9 juta ton. Jumlah yang tidak sedikit kan? Lalu mengapa plastik begitu digemari oleh masyarakat?



Plastik sering dipilih sebagai bahan perabot rumah tangga karena penggunaannya yang praktis dan aman. Walau plastik termasuk berbahan kimia, namun plastik tetap aman dipakai saat bersentuhan dengan makanan. Kemudian plastik juga praktis dan mudah dibawa kemana saja karena ringan dan tidak akan pecah saat jatuh.

Namun dibalik kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh plastik, benda yang satu ini memiliki kekurangan, yakni sulit dibersihkan apabila dibandingkan dengan bahan-bahan yang terbuat dari keramik, kaca, atau stainless steel. Memang dibutuhkan perlakukan khusus saat menggunakan peralatan yang berbahan plastik sebagai tempat penyimpanan makanan atau minuman.

Seusai menggunakan wadah berbahan plastik, Anda sebaiknya membersihkan wadah tersebut secara teratur. Tujuannya agar peralatan tersebut tetap higienis dan tidak berbau. Namun jika sudah terlanjur bau, Anda perlu melakukan beberapa trik khusus. Bau bekas makanan yang menempel pada wadah plastik memang tidak mudah hilang begitu saja. Parahnya lagi, terkadang bau tersebut bisa mengakibatkan makanan didalamnya juga ikut bau.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan cara membiarkan wadah tersebut terbuka dan kering secara alami. Kemudian untuk mencuci wadah ini diperlukan sabun dengan pewangi yang ekstra supaya bau bisa hilang.

Menggunakan lemon
Jika cara di atas masih belum berhasil juga, Anda bisa menggunakan lemon yang mengandung asam sitrat untuk membasmi kuman secara alami. Anda bisa memeras air lemon, kemudian gosokkan irisan lemon tersebut ke dalam wadah. Setelah itu tambahkan dengan sedikit baking soda. Bilas wadah sampai bersih, kemudian biarkan kering.

Memakai cuka
Tak hanya lemon saja yang bisa digunakan, namun cuka juga bisa berperan dalam menghilangkan bau di bahan berbahan plastik. Untuk menggunakan cuka, Anda bisa mencampurkan air dengan menggunakan air. Kemudian tuangkan campuran cuka dan air di dalam wadah plastik. Lalu simpan selama semalam. Besoknya Anda bisa mencuci wadah tersebut, lalu diamkan hingga kering.

Memanfaatkan kopi
Anda juga bisa menggunakan kopi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada wadah plastik. Caranya dengan menaburkan kopi pada wadah hingga bau tidak sedap menghilang.

Menggunakan koran bekas
Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan memanfaatkan koran bekas. Caranya, basahi koran dengan sedikit air. Lalu simpan secara tertutup di dalam wadah plastik selama semalaman. Kandungan karbon yang ada pada tinta koran bisa menyerap bau tidak sedap yang ada pada wadah plastik tersebut.

Memakai arang
Caranya tidak berbeda jauh dengan kertas koran di atas. Anda bisa memasukkan potongan arang ke dalam wadah plastik, kemudian pasang tutupnya dan biarkan semalaman. Setelah itu, cuci wadah tersebut hingga bersih.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bau yang ada pada wadah plastik lama dan baru. Bagaimana, cukup mudah untuk dilakukan bukan? Ingat, jangan sampai bau tidak sedap membuat makanan atau minuman yang ada pada wadah Anda menjadi ikut bau juga. Akhirnya makanan atau minuman tersebut menjadi tidak layak untuk dikonsumsi. Bisa juga nafsu makan Anda malah menjadi hilang. Selamat mencoba! 

Comments

Popular posts from this blog

Fakta-fakta Dibalik Teko Listrik yang Perlu Diketahui

Memilih Kompor Gas Tanam yang Bagus dan Berkualitas

Trik Praktis Membersihkan Beragam Peralatan Dapur