Tips Memilih Pisau Sesuai Kegunaan yang Perlu Diperhatikan

Ayo yang suka masak, acungkan jarinya! Kalau biasa di dapur, sudah tahu banget ya, pisau pasti jadi kebutuhan utama ketika masak. Kegunaannya banyak banget. Untuk mencincang bumbu, sayur, memotong daging, tulang, atau bahkan membuat hiasan. Saya pribadi biasa hanya menggunakan satu jenis pisau saja untuk semua aktivitas di dapur. Tapi ternyata ada banyak banget jenis-jenis pisau dapur dan juga ada fungsinya masing-masing loh. Apa saja sih?



Pisau Serbaguna – Chef’s Knife
Nah, pisau yang ini nih yang biasanya saya beli di pasaran. Bentuknya gak terlalu besar, gak terlalu kecil juga. Pas di tangan. Ternyata pisau ini bernama Chef’s Knife alias pisau serbaguna. Memang cocok banget untuk mengiris, memotong, mengupas, dan mememarkan bawang putih atau merica. Sebenarnya bisa aja chef’s knife ini dipakai untuk memotong tulang daging, tapi agak keras dan perlu tenaga ekstra ya, ladies. Karena fungsinya yang serbaguna ini, chef’s knife menjadi wajib untuk ada di setiap dapur.

Pisau Iris – Slicing Knife
Jangan salah ya. slicing knife memang punya bentuk yang mirip kayak chef’s knife. Tapi, fungsinya lebih ke pengirisan. Ukurannya panjang dengan mata pisau yang tipis dan tajam. Kalau kamu mau mengiris daging yang super tipis, kamu bisa memilih pisau jenis ini. Gak hanya tipis, potongan daging yang menggunakan slicing knife juga akan kelihatan super rapi. Selain itu, slicing knife juga bisa dipakai untuk mengiris bahan masakan lain seperti bawang putih, bawang merah, tomat, atau untuk mengupas kulit buah.

Pisau Besar – Cleaver Knife
Pisau yang satu ini bisa kamu pilih kalau mau mencincang-cincang. Misalnya cincang daging, sayur, atau memotong tulang daging. Bentuknya persegi, besar, beratnya lumayan, dan gagangnya kokoh. Biasanya sih kita menyebut pisau ini dengan nama golok. FYI nih, cleaver knife banyak dipakai oleh chef-chef di Tiongkok. Makanya cleaver knife juga punya nama lain yaitu Chinese Chef Knife.

Pisau Fillet – Boning Knife
Bentuknya memang agak aneh, melengkung dan mengecil di bagian paling ujungnya. Ternyata boning knife ini berguna untuk membuat daging fillet, yakni daging tanpa tulang. Nah, kalau kamu mau misahin daging dari tulangnya, boning knife adalah pilihan pisau yang paling cocok. Pisau ini juga biasa digunakan untuk membuang urat atau lemak dari daging. Makanya bentuknya dibuat melengkung dan mengecil di bagian ujung supaya pemakainya bisa mengontrol pisau dengan baik.

Pisau Roti – Serrated Knife
Ayo, siapa yang suka bikin kue dan roti di rumah? Kamu pastinya harus punya pisau yang juga biasa disebut juga bread knife ini. Soalnya pisau ini biasa digunakan untuk memotong roti atau cake. Ukurannya lebih panjang daripada pisau biasa. Terus, punya gerigi kecil-kecil di bawahnya. Ini supaya memudahkan kamu untuk memotong roti atau cake tanpa membuatnya hancur. Pengalaman saya sih kalau memotong roti pakai pisau biasa malah bentuknya jadi gak beraturan dan hancur. Nah kalau kamu pakai pisau ini, engga bakalan kejadian kayak gitu. Tentu saja karena adanya gerigi tadi. Kamu juga bisa pakai serrated knife untuk memotong sayuran yang tesktur kulitnya licin, kayak tomat, timun, atau terong.

Pisau Ukir – Paring Knife
Nah, seperti yang sudah saya bilang di atas tadi, kalau chef’s knife atau jenis pisau lainnya tidak akan bisa dipakai untuk menghias. Ada pisau khusus untuk bikin hiasan, namanya paring knife atau pisau ukir. Ukuran pisaunya ada yang panjang, ada juga yang pendek. Biasanya hanya berkisaran 5-10 cm. Bentuknya agak melengkung dengan mata pisau kecil. Bentuknya yang fleksibel inilah yang memudahkan kita mengukir buah dan sayur sesuai keinginan.

Sebenarnya kisaran harga pisau di pasaran bervariasi. Tentu saja tergantung bahan pembuatan, jenis pisau, dan mereknya. Tapi, pisau yang paling bagus yang bisa kamu pilih adalah pisau yang terbuat dari stainless steel. Soalnya bahan stainless steel itu antikarat. Gak jarang juga di pasaran banyak yang menjual satu set pisau. Jadi saat membeli kamu sudah mendapatkan semua jenis pisau sehingga tidak perlu pusing mencari satu per satu. Eits, jangan kaget, harga pisau ini bervariasi ya ladies, mulai dari yang single atau set, dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah!

Well, itulah jenis-jenis pisau yang biasa digunakan di dapur. Kamu bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhanmu ya. Jangan lupa berhati-hati kalau sedang memotong, mencincang, atau mengiris. Rajin-rajinlah juga merawat dan membersihkan pisau supaya tetap tajam. Yang paling penting, utamakan keselamatan demi masakan enak, ya.

Comments

Popular posts from this blog

Fakta-fakta Dibalik Teko Listrik yang Perlu Diketahui

Memilih Kompor Gas Tanam yang Bagus dan Berkualitas

Trik Praktis Membersihkan Beragam Peralatan Dapur