Ini Jenis-jenis Blender, Mana yang Terbaik?

Terdapat begitu banyak jenis blender dengan setiap model memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ditambah harga yang amat bervariasi, memilih blender terbaik bisa menjadi sesuatu yang tidak mudah. Apakah Anda ingin blender konvensional yang bisa diletakkan di meja (standing blender) atau Anda lebih suka blender tangan (hand blender)?

Apakah Anda perlu menghancurkan es atau hanya perlu memblender buah-buahan? Itu semua adalah pertanyaan yang harus Anda jawab terlebih dahulu sebelum merogoh kocek untuk berinvestasi dalam blender. Seperti banyak peralatan dapur lainnya, Anda hanya perlu membayar untuk fitur yang Anda butuhkan sehingga jangan sampai membayar lebih untuk fitur blender yang tidak pernah digunakan
Secara umum terdapat tiga jenis blender yang biasa tersedia di pasaran: counter top blender (conventional blender), personal blender, dan immersion blender (hand blender). Salah satu hal mendasar yang harus ditentukan adalah apa yang hendak Anda blender? Setelah mengetahui hal ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik atas jenis blender yang dibutuhkan serta fitur dan fungsi yang harus ada.



1. Counter Top Blender atau Conventional Blender atau Stand Blender
Ini adalah jenis blender yang paling umum ditemui. Blender ini dirancang untuk duduk atau diletakkan di dapur dan dilengkapi dengan gelas serta pisau di bagian bawah untuk mengolah makanan atau cairan. Blender jenis ini memiliki ukuran gelas bervariasi dengan kapasitas gelas 1,5 liter dianggap cukup untuk kebutuhan sehari-hari.
Kelebihan:
Dapat melakukan berbagai tugas seperti membuat smoothie atau menghancurkan es.
Kekurangan:
Memiliki harga lebih mahal dibandingkan blender tangan.

2. Personal Blender
Personal blender merupakan kategori blender yang relatif baru dan diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin langsung menikmati smoothie atau minuman mereka. Gelas blender bisa langsung digunakan sebagai botol smoothie dan bisa dibawa kemanapun Anda suka. Ukuran gelas relatif kecil dan biasanya diperuntukkan untuk satu porsi minuman. Kemampuan personal blender mengolah makanan tidak sekuat blender konvensional.
Kelebihan:
Praktis, dengan ukuran gelas sesuai untuk porsi individu.
Kekurangan:
Kemampuan blender yang tidak sekuat blender biasa.

3. Hand Blender atau Immersion Blender
Immersion Blender atau sering disebut hand blender atau blender tangan menjadi sangat popular karena banyak koki di TV menggunakan blender ini. Terdapat jenis blender yang memiliki kable dan tanpa kabel. Blender tangan cocok digunakan untuk membuat puree atau memblender makanan dalam jumlah kecil langsung di mangkuk tanpa perlu memindahkannya ke gelas blender.mAnda juga dapat menemukan blender tangan yang dilengkapi aksesoris potong sehingga mampu meningkatkan fungsinya.
Kelebihan:
Mudah dibersihkan, dapat langsung memblender di mangkuk, terdapat opsi tanpa kabel, dan lebih mudah disimpan.
Kekurangan:
Fungsi terbatas, umumnya hanya digunakan untuk membuat puree atau tugas ringan, tidak bisa menghancurkan es.

Faktor yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Blender
Ketika hendak membeli blender, pilih model dengan fitur yang benar-benar Anda butuhkan. Anda perlu memutuskan tugas apa yang hendak dilakukan dan memastikan blender pilihan Anda memiliki kemampuan yang diperlukan. Anda akan menemukan banyak blender modern memiliki fitur tambahan seperti kemampuan memotong, menghancurkan dan mengocok.

Desain Blender
Memilih desain yang tepat untuk dapur harus pula menjadi perhatian utama. Anda tentu tidak ingin memiliki blender yang terlalu besar, terlalu kecil atau tidak cocok dengan dekorasi dapur Anda. Banyak blender terbaik di pasar saat ini berukuran kompak dan kecil sehingga dapat dengan mudah diletakkan di meja dapur tanpa mengambil banyak ruang. Jika Anda penggemar smoothie maka pilihlah gelas blender yang memiliki moncong sehingga dapat dengan mudah menuangkan smoothie ke dalam gelas.

Kinerja Blender
Ketika memilih blender, carilah blender yang memiliki motor kuat dan menyediakan beberapa pilihan kecepatan. Memiliki kecepatan variabel akan sangat membantu ketika menggunakan blender untuk makanan yang berbeda.

Blender tidak berarti apa-apa tanpa motor yang bagus sehingga pastikan melihat besar watt model yang hendak Anda beli. Kebanyakan blender memiliki daya berkisar 300-600 watt tetapi Anda dapat menemukan produk yang memiliki daya hingga 1.000 watt atau lebih.

Blender dengan watt lebih tinggi akan berharga lebih mahal, sehingga Anda benar-benar harus mempertimbangkan harga terhadap penggunaan. Tidak ada gunanya membeli blender kelas atas jika hanya akan digunakan beberapa kali dalam sebulan.

Kesimpulan
Memilih blender terbaik harus disesuaikan dengan fungsinya. Jika seluruh anggota keluarga suka menikmati smoothie bersama-sama atau Anda perlu mengolah makanan dalam jumlah besar, maka blender konvensional menjadi pilihan tepat. Namun, jika Anda tidak memerlukan kemampuan yang terlalu mumpuni serta menyukai kepraktisan, hand blender bisa menjadi rujukan. Personal blender cocok digunakan untuk Anda yang aktif dan ingin menikmati smoothie “on the go.”

Comments

Popular posts from this blog

Fakta-fakta Dibalik Teko Listrik yang Perlu Diketahui

Memilih Kompor Gas Tanam yang Bagus dan Berkualitas

Trik Praktis Membersihkan Beragam Peralatan Dapur