Tips Mudah Merawat Sendok dan Garpu Stainless Steel

Sendok dan garpu merupakan alat makan yang umum digunakan di Indonesia. Sebagian besar sendok dan garpu yang digunakan berbahan dasar stainless steel. Sendok dan garpu yang terbuat dari stainless steel memang jauh lebih awet dibandingkan dengan yang terbuat dari bahan plastik. Stainless steel merupakan baja dengan campuran kronium dan nikel. Namun, makanan yang asam dan mengandung banyak garam dapat menyebabkan perubahan warna pada sendok dan garpu stainless steel Anda. Lantas, bagaimanakah solusi untuk menghindari perubahan warna pada alat makan berbahan dasar stainless steel?


Alat makan yang terbuat dari stainless steel, khususnya sendok dan garpu, harus dicuci dengan tepat untuk menghindari perubahan warna tersebut. Anda harus memastikan bahwa sisa makanan asam atau yang mengandung banyak garam tidak tertinggal di sendok dan garpu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sendok dan garpu stainless steel Anda jadi bersih:

Cuci sendok dan garpu stainless steel menggunakan sabun pembersih, kemudian bilas menggunakan air hangat. Bila pada sendok dan garpu terdapat noda, goresan, atau karat hitam, siapkan cuka putih untuk membersihkan noda-noda tersebut.

Tuang ½ cangkir cuka putih ke dalam mangkuk. Rendam sendok dan garpu yang di dalam mangkuk tersebut. Gosok sendok dan garpu dengan kain lembut untuk menghilangkan noda. Anda juga dapat menggunakan baby oil atau minyak zaitun sebagai pengganti cuka putih untuk membersihkan noda membandel pada sendok dan garpu stainless steel.

Bilas sendok dan garpu tersebut dengan air hangat dan cuci menggunakan sabun pembersih untuk menghilangkan sisa-sisa pembersih yang melekat pada alat makan tersebut. 

Setelah noda pada sendok dan garpu stainless steel hilang, Anda hanya perlu untuk merawat peralatan makan tersebut agar tidak terhindar dari noda. Caranya adalah dengan mencuci sendok dan garpu stainless steel dengan sabun pembersih hingga bersih setelah Anda menggunakan alat makan tersebut. Dengan perawatan yang tepat, sendok dan garpu yang terbuat dari stainless steel pun akan awet.

Comments

Popular posts from this blog

Fakta-fakta Dibalik Teko Listrik yang Perlu Diketahui

Memilih Kompor Gas Tanam yang Bagus dan Berkualitas

Trik Praktis Membersihkan Beragam Peralatan Dapur